June 13, 2024

Jurnalisnusantara.com | Gunungkidul. – Kampanye politik capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo terus berlanjut. Mengenakan kaos hitam bertuliskan Sat Set di punggung dan bergambar jari tiga, Ganjar kali ini berkunjung ke Pasar Ngingrong di Kalurahan Mulo, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DI Yogyakarta pada Senin (22/1/2024).

Kedatangan Ganjar disambut antusias oleh warga yang ingin bisa bertemu secara langsung dengan mantan Gubernur Jawa Tengah, itu. Sementara Ganjar rupanya ingin langsung mendengarkan curhatan hati para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dalam pertemuan yang digelar di pendopo limasan itu, Ganjar juga memuji wilayah Gunungkidul yang kaya dengan destinasi wisata. Perjalanan menuju lokasi, sambung Ganjar, juga sangat nyaman karena mulusnya jalan.

“Matur nuwun sudah menyambut saya ke wisata Ngingrong. Gunungkidul banyak destinasi yang bagus sekali,” puji Ganjar.

Menanggapi Ganjar, salah seorang pedagang onderdil sepeda motor bernama Heri, berharap agar pelaku UMKM memperoleh akses yang lebih mudah ketika mengajukan kredit atau pinjaman ke perbankan. Heri dan pelaku UMKM lainnya mengaku kerap kesulitan memperoleh kredit ke perbankan karena terbentur sejumlah syarat.

“Ada aturan dari perbankan yang membatasi kreditur terutama kami pelaku usaha. Mereka membatasi pinjaman jika sudah ada pinjaman ke bank lain,” beber Heri.

Menjawab pertanyaan itu, Ganjar kemudian menawarkan akses kredit yang lain di luar kredit usaha rakyat (KUR). Salah satunya dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di Baznas. Tak kalah penting, Ganjar menyebut salah satu trik agar lancar memperoleh pinjaman dari bank adalah dengan tertib membayar cicilannya.

Ganjar kembali menginap di rumah warga. Ia mengaku selalu senang kalau menginap di rumah warga karena bisa berkomunikasi lebih dekat dan intensif.

“Saya senang situasi seperti ini, seperti saudara. Sehat-sehat nggih. Matur nuwun sampun diparingi nyipeng wonten desane panjenengan. Sehat-sehat nggih,” kata Ganjar. (Wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!