July 12, 2024

BRN | Kubu Raya, TNI AL-Lantamal XII. Tim SAR gabungan terdiri dari Basarnas Kayong Utara, Polairud Teluk Batang, Polairud Muara Kubu, KPLP Muara Kubu dan Pos Angkatan Laut Muara Kubu mengevakuasi delapan orang pemancing yang terdampar akibat mesin perahunya mati di Perairan Padang Tikar Kabupaten Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat. Senin 1 Januari 2024.

“Alhamdullilah delapan pemancing berhasil kami evakuasi menggunakan Rigit Inflateable Boat (RIB) dalam kondisi selamat ke Pos Angkatan Laut pagi tadi” kata koordinator SAR Akhyar dalam keterangannya di Pos Angkatan Laut Muara Kubu.

Peristiwa itu bermula ketika delapan para pemancing berangkat dari Sungai Kakap menggunakan KM. Sinar Pagi menuju titik pemancingan di perairan Padang Tikar, namun kemudian mengalami mesin perahu mati dan terombang ambing gelombang.

Selanjutnya supaya tidak terbawa arus lebih jauh lagi maka salah satu pemancing yang juga sebagai nakhoda kapal melepaskan jangkar dan berusaha tetap mencoba menyalakan mesin perahu tersebut akan tetapi karena upaya tidak berhasil, akhirnya meraka pasrah.

Dalam keadaan seperti itu, salah satu pemancing menghubungi keluarganya untuk meminta bantuan, kami dari Pos Angkatan Laut mendengar info dari radio bahwa ada informasi minta bantuan evakuasi, selanjutnya kami berkoordinasi dengan Marnit Patroli Airud Muara Kubu, KPLP Muara Kubu dan Basarnas Pontianak untuk mengambil tindakan pertolongan.

Selanjutnya Basarnas Kayong Utara menuju Perairan Padang Tikar untuk membawa delapan orang pemancing ke Pos Angkatan Laut Muara Kubu terdekat untuk diserahkan, selanjutnya delapan orang pemancing ini kami mintakan diperiksa ke Puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan ringan kondisi kesehatannya.

Setelahnya itu kami serahkan ke Pos Marnit Patroli Airud Muara Kubu untuk dimintai keterangan lebih lanjut dan beristirahat, besok pagi rencana mereka akan dipulangkan menuju rumah masing-masing menggunakan kapal Tambang Penumpang dari Padang Tikar menuju Rasau Jaya Pontianak”. Ucap Danposal Muara Kubu Peltu Jas Gunawan. (Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!