July 12, 2024

JN | TNI AL, Bandung, 16 Januari 2023,– Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati S.T, M.Sc, M.Tr.Hanla., bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Dharma Samudra Tahun 2023, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Bandung, Jalan Ariajipang No.08 Bandung, Senin (16/01/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanal Bandung membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., mengatakan bahwa peringatan hari Dharma Samudera kita gunakan sebagai momentum untuk mengenang kepahlawanan para pejuang laut yang telah mendharma-bhaktikan, bahkan merelakan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara.

Hari ini enam puluh tahun yang lalu, satu peristiwa di Laut Arafuru menjadi lukisan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Putra-putra bumi pertiwi gugur dalam keberanian yang tak terbayangkan. Dengan kapal yang jauh lebih kecil, sama sekali tidak mengecilkan semangat patriotisme mereka untuk melawan Armada Belanda. Dengan lantang, Lomodor Yos Soedarso berseru, “Kobarkan Semangat Pertempuran!!!”. Satu pekik yang membakar semangat perlawanan Prajurit RI Matjan Tutul. Mereka tau, peluang berhasil hampir mustahil, tetapi mereka terus bertempur dan menolak untuk menyerah. Peristiwa itu adalah teladan sempurna dari sikap ksatria, semangat patriotisme, jiwa korsa, kerelaan berkorban, dan perjuangan tanpa pamrih para pahlawan-pahlawan samudera. Nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan itu harus terus diabadikan dalam setiap hati sanubari Prajurit Jalasena dan diwariskan kepada generasi penerus bangsa. Situasi dan tantangan yang dihadapi akan berbeda dari generasi ke generasi, tetapi nilai-nilai kepahlawanan dan prinsip-prinsip perjuangan tidak akan pernah berubah dan berganti-ganti.

Pewarisan nilai-nilai kepahlawanan dan prinsip-prinsip perjuangan yang telah dicontohkan oleh para pendahulu menjadi semakin penting pada situasi saat ini, dimana kemajuan teknologi telah membuka interaksi tanpa batas antar bangsa-bangsa di dunia yang melahirkan berbagai pengaruh, tidak hanya positif, tetapi juga negatif. Situasi ini berpotensi mengikis identitas dan karakter bangsa Indonesia yang dapat mengancam jatidiri dan ketahanan sebagai sebuah bangsa. Peneladanan akan nilai kepahlawanan dan prinsip perjuangan juga sangat penting dalam membangun kejayaan TNI Angkatan Laut.

“Saya tegaskan kepada setiap Prajurit Jalasena Samudera yang menjadi harda terdepan disemua palagan…, yang mengamankan laut-laut perbatasan…, yang mengawal pulau-pulau terluar…, yang menjaga perdamaian dunia…, yang menjamin tegaknya hukum disetiap penjuru laut nusantara…, dan para Prajurit dimanapun kalian berada.., laut adalah medan dharma bhakti kita… jangan biarkan satu yard-pun laut kita tak terjaga…, jangan biarkan kekayaan alam kita dirampas dengan semena-mena…, jangan biarkan sedetik-pun keamanan laut tidak kita pelihara… “Kobarkan Terus Semangat Pengabdian Yang Tulus Demi Kejayaan Bangsa Indonesia”.

Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Prajurit Jalasena Samudera dimanapun berada dan bertugas, yang telah mempersembahkan pengabdian terbaik demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan negara, serta keselamatan segenap bangsa. Melalui sesanti Jalesveva Jayamahe, mari kita jadikan peringatan Hari Dharma Samudera ini untuk meneladani dan mengamalkan nilai-nilai patriotisme, kepahlawanan, perjuangan dan kepemimpinan yang diwariskan oleh para pendahulu dalam setiap gerak pengabdian kepada bangsa dan negara. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan melanjutkan dharma bhakti kepada TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa dan negara yang sangat kita cintai bersama. “Kobarkan Terus Semangat Pertempuran”.

Pada upacara tersebut dihadiri oleh Pgs. Palaksa Lanal Bandung, Dandenpomal, Pasintel, Pasprogar, seluruh Perwira Staf serta Para Prajurit dan Segenap Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanal Bandung.

(Pen Lanal Bandung/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!