June 13, 2024

JN | TNI AL, Lantamal I Belawan – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I menggelar Pelatihan Operator Integrated Maritime Surveilance System (IMSS) kepada prajurit pengawak IMSS. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 1 Belawan, Senin (21/11/2022).

Pelatihan Operator IMSS yang digelar selama lima hari sejak tanggal 21 hingga 25 November 2022 tersebut diikuti 15 peserta dari Pengawak Pos TNI Angkatan Laut (Posal) dan Satuan Radar (Satrad), dibuka Komandan Lantamal (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo.

Askomlekal dalam sambutan pembukaannya yang dibacakan Danlantamal I mengatakan bahwa pelatihan yang digelar di Lantamal I ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan kemampuan untuk mengoperasikan peralatan dan melaksanakan pemeliharaan dengan baik.

Lebih lanjut disampaikan bahwa keberadaan IMSS menunjukkan peningkatan Maritime Domain Awarness (MDA) bangsa Indonesia dalam hal ini TNI Angkatan Laut, untuk mengamankan perairan dari segala macam tindak ilegal yang terjadi di laut. “Kesiapsiagaan TNI AL dapat semakin meningkat apabila kemampuan sensor radar, Automatic Identification System (AIS) dan Long Range Camera serta peralatan komunikasi diawaki personel yang terampil,” ujar Askomlekal.

Oleh karena itu, Askomlekal menekankan kepada para peserta pelatihan agar lebih bersungguh-sungguh, serius dan ikhlas dalam menyerap ilmu yang diberikan oleh para instruktur. Ia juga mengharapkan partisipasi dan kerjasama panitia dan instruktur dalam rangka mensukseskan pelatihan operator IMSS TNI AL tahun 2022 di Lantamal I ini.

Sementara itu, Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Paban IV Skomlekal Kolonel Marinir Muhammad Nadir yang mewakili Askomlekal atas kunjungan serta pelatihan kepada operator IMSS, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Lantamal I dalam rangka mendukung penyelenggaraan operasi keamanan laut TNI AL.

Pada pelatihan yang melibatkan instruktur dari Diskomlekal tersebut, Danlantamal I mengalungkan tanda peserta latihan kepada prajurit perwakilan latihan, sebagai tanda dimulainya latihan IMSS di Lantamal I.

Kegiatan tersebut sebelumnya diawali dengan Paban IV Skomlekal Kolonel Marinir M. Nadir beserta rombongan melaksanakan CC (Curtesy Call) ke Danlantamal I yang diadakan di vip room gedung Disharkan Mako Lantamal I.

Kegiatan ini sesuai perintah harian Kasal yaitu “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Turut hadir pada pembukaan tersebut antara lain Paban IV Skomlekal Kolonel Marinir M. Nadir beserta rombongan, Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos, Pejabat Utama Danlantamal I, Dansatrol Lantamal I, Kakuwil Lantamal I, Panitia, Instruktur dan peserta latihan.

(Dispen Lantamal I/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!