July 12, 2024

JAKARTA | Jurnalis Nusantara– Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia atau IWAPI mengadakan Rakernas I yang diadakan pada hari Rabu – Jumat, 28-30 September 2022, bertempat di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta.

 

Adapun acara tersebut, selain Rapat Kerja Nasional, juga para anggota mengadakan stand boot menjual produk-produk UMKM khas tiap daerah-daerah di seluruh Indonesia.

 

Salah satu yang hadir dalam acara tersebut, perwakilan DPD IWAPI daerah Kalimantan Utara. Dewi Hariyanti dan Hj. Mariamah (Bag.Pemasaran Luar Negeri DPC Nunukan, Kalimantan Utara), memberikan keterangan media mengenai UMKM di daerah mereka masing-masing.

 

“Kami dari Tarakan, Kaltara membawahi Kabupaten Kota, yang pertama kota Tarakan, ada Kabupaten BBulungan, yang merupakan ibukota IKN provinsi Kalimantan Utara, kemudian ada Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Sebatik, juga dari Kabupaten Tanah Tidung,” ujar Dewi Hariyanti.

 

“Ada beberapa produk dari Malinau. Ada produk obat-obatan, kain khas Kaltara, kerajinan rotan tas dan topi. Ada juga produk unggulan, beras Adan Karayan Kaltara, rendah glukosa. Jadi kalau misalnya orang makan beras ada yang warna hitam atau merah. Beras itu dijamin bagus. Kalau yang lainnya produk-produk ini merupakan produk berkualitas.”

 

“Juga hasil dari pengrajin daerah kita sudah sangat terkenal. Ya seluruhnya sudah lulus uji beberapa produk-produk, seperti jahe merah dan produk-produk yang unggulan lainnya.”

 

“Juga produk yang menarik adalah kain tenun asli boleh dibandingkan dengan yang lain, asli dan produk kita lebih murah,” pungkas Dewi.

 

“Jadi kualitasnya juga tidak kalah dari tradisional menjadi pengrajin lainnya. Bahan baku dan juga waktu dari pengrajin berbagai macam. Jumlah UMKM binaan nya banyak.”

 

“Harapan kami kita punya produk yang berkualitas dan harga yang bisa bersaing dengan daerah lain. Kalau saya pribadi saya berharap bahwa perempuan-perempuan Indonesia mau berinovasi melalui usaha UMKM. Jangan malu untuk mencari uang kecil apapun kalau kita ingin berusaha Insya Allah Berkah,” Ujar Dewi. (Dhea).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!